Jumat, 21 Maret 2014

2. Descriptive perspectives on accounting ethics : What factors influence the way accountants respond to ethical dilemmas?

Bab ini akan mengidentifikasi dan memberikan pemahaman mengenai faktor yang dapat mempengaruhi bagaimana individu merespon secara spresifik dilemma moral dalam praktik. Pendekatan etika yang digunakan adalah etika deskriptif. Etika deskriptif berbicara mengenai fakta secara apa adanya, yakni mengenai nilai dan perilaku manusia sebagai suatu fakta yang terkait dengan situasi dan realitas  yang membudaya.
Etika Akuntan dan Profesi Lainnya
Ada banyak kasus yang terjadi berkaitan dengan etika seorang akuntan. Peter Harriss Abbott yang menjadi “akuntan terkemuka” yang ditetapkan oleh Lord Chancellor sebagai salah satu akuntan yang dapat menangani kasus kebangkrutan. Akan tetapi, Abbott melakukan kecurangan dan melarikan diri ke Brussels. Kasus Enron menjadi contoh lain tindakan tidak beretikanya seorang akuntan. Kasus Enron terjadi karena perusahan melakukan manipulasi data laba yang diperolehnya dan outsourcing secara total atas fungsi internal audit perusahaan yang pegawainya berasal dari KAP yang melakukan fungsi audit eksternal.
a.    Mantan Chief Audit Executif Enron (Kepala internal audit) semula
adalah partner KAP Andersen yang di tunjuk sebagai akuntan publik perusahaan.
b.   Direktur keuangan Enron berasal dari KAP Andersen.
c.    Sebagian besar Staf akunting Enron berasal dari KAP Andersen.
Tak hanya itu, KAP bersalah atas tuduhan melakukan penghambatan dalam proses peradilan karena telah menghancurkan dokumen-dokumen Enron yang sedang di selidiki. Karena banyaknya kasus etika yang menjerat akuntan, banyak yang mempertanyakan etika seorang akuntan.
Karakteristik Profesi Akuntan
Banyak penelitian yang mengungkapkan hasil mengkhawatirkan mengenai kecenderungan etika mahasiswa dan praktisi akuntansi. Artikel Gray (1994) menemukan bahwa pendidikan yang didapatkan mengambil peran penting dalam pembentukan etika mahasiswa. Hal yang penting dalam pendidikan akunatansi adalah membangun kemampuan intelektual, pekerja yang terdidik dalam bidang akuntansi, dan hanya mempersiapkan ujian bagi seorang professional (menurut beberapa pendapat yang dimuat di Gray,1994). Bahkan Gray menyatakan bahwa pendidikan bisnis dan akuntansi mempunyai efek negatif pada pembangunan etika mahasiswa. Mayer menemukan bahwa mahasiswa bisnis tidak mengakui isu tanggung jawab sosial berkaitan dengan profesionalisme. Pertama, hal ini disebabkan oleh doktrin bahwa bisnis hanya untuk memproduksi barang dan jasa untuk membuat laba dan etika dan tanggung jawab sosial merupakan hal yang tidak penting dalam pembuatan keputusan, kecuali mempunyai dampak langsung terhadap produksi maupun profit. Kedua, profesi akuntan juga menyalahkan ketidakadaan bagian etika yang lebih baik pada kurikulum profesi.
Profesi Lainnya
Profesi lainnya juga memiliki masalah yang sama dengan perilaku etika. Hal ini mengisyaratkan bahwa ada krisis yang luas dalam profesionalisme yang mungkin berhubungan dengan pergeseran perilaku terhadap gagasan profesi.
Moral Development Model’s
Kohlberg’s Model
Kohlberg memiliki gagasan mengenai model untuk menentukan apakah seseorang atau profesi beretika atau tidak yang dinamakan Cognitive Moral Development. Model ini sering digunakan untuk mengukur moral maturity individu berdasarkan respon mereka kepada seri dilemma hipotetikal. Ada tiga level moral maturity individu yaitu pre-conventional, conventional, dan post-conventional. Setiap level terbagi menjadi dua tahapan. Pada tahapan pre-conventional, individu memiliki kecenderungan moral maturity untuk menolah hukuman dan mementingkan kepentingan pribadi. Pada tahapan conventiona, individu memiliki kecenderungan moral maturity yang berdasarkan kepentingan kelompok dan hukum sosial. Pada level terakhir, individu memiliki kecenderungan berdasarkan prinsip moral universal.
Gilligan’s Model
Model ini dikenal dengan etika kepedulian yang menyajikan pandangan yang lebih tertanam dan empatik dalam pengembangan etika.
Atribut Individu dan Perilaku Etika : efek dari Umur dan Gender
Gender lebih diarahkan kepada sifat, bukan kepada factor biologis. Gender, maskulin dan feminis, mempengaruhi perilau etika individu. Umur pun mempengaruhi akuntan terlibat dalam dilemma akuntansi. Umur mempengaruhi seorang akuntan terkait dengan dilema moral.

Etika dan Karakteristik Struktural
Budaya
Banyak bukti yang mengatakan bahwa perbedaan budaya akan berdampak pada etika, walaupun ada yang membuktikan bahwa budaya tidak memiliki pengaruh. Jakubowski dkk. menyarankan bahwa perbedaan kewarganegaraan merefleksikan kode etik akuntan lintas negara. Akan tetapi, Lysonski dan Gaidis menemukan bahwa respon mahasiswa terhadap dilemma etika cenderung sama.  
Organisasi dan Kelompok Individu
Penelitian menyatakan bahwa pembuatan keputusan etika individu dapat berubah ketika mereka menjadi bagian lebih dari kelompok formal. Hal ini disebabkan oleh fenomena “grupthink.” Saat ini, pengaruh keanggotaan kelompok pada perilaku etika telah diperluas melalui ide analisis network.  Literatur juga menyarankan bahwa etika individu seringkali berubah berdasarkan posisi dan tingkatan pekerjaan individu dalam organisasi.
Kategorisasi : Etika dan Peran yang Dimainkan Akuntan
Etika seorang akuntan tidak hanya dihasilkan oleh lingkungan kerja, tetapi juga lingkungan diluar lingkungan kerjanya. Jika seorang akuntan berpikir mengenai isu akuntan dengan cara yang dari kelompok lain, kategori cara yang berbeda akan muncul. Psikologi Kognitif berkembang karena nilai-nilai yang berada di kelompok lain akan memberikan nilai, norma, dan perilaku yang berkaitan dengan life domain yang berbeda.
Etika dan Sifat Dasar Dilema : Etika Situasional
Penelitia juga mengakui bahwa sifat isu etika itu sendiri juga penting dalam memahami kecenderungan etika individu itu sendiri. Ada dua isu yang berkaitan dengan sifat isu etika itu sendiri
Moral Intensity
Intensitas moral dipengaruhi oleh sifat dari sebuah konsekuensi, consensus sosial, posibilitas dampak yang ditimbulkan, kedekatan sementara, kedekatan, dan konsentrasi dampak.
Moral Framing
Moral framing menyarankan bahwa individu merespon dilemma etika dengan dua cara tergantung pada kerangka yang mereka alami. Dua alatnya yaitu bingkai bahasa dan bingkai pemikiran etika.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar