Judul
Artikel : Students’
and Faculty Members’ Perceptions of The Importance of Business Ethics and
Accounting Ethics Education : Is there an Expectations Gap?
Penulis : Nell Adkins
and Robin R. Radtke
Journal : Journal of
Business Ethics, Vol.51, No.3 (Mei, 2004)
Latar
belakang penelitian ini adalah permintaan untuk meningkatkan
diskusi etika di dalam perkuliahan diiringi oleh usaha pelitian pendidikan
etika untuk menentukan efek dari pendidikan pada tingkatan etika dari mahasiswa
dan praktisi akuntansi. Tak hanya itu, adanya perbedaan mungkin hadir antara
masyarakat, praktisi dan akademik akuntansi, dan mahasiswa akuntansi. Perbedaan
antara masyarakat dan profesi akuntansi dibuktikan oleh krisis kredibilitas
dulu dan saat ini. Perbedaan antara profesi yang diekspektasikan oleh akademik
dan penghormatan pada profesional akuntansi dalam bentuk tanggung jawab etika
profesional mereka. Dan perbedaan terakhir, yaitu perbedaan antara professor
akuntansi dan mahasiswa akuntansi dengan respek pada pendidikan etika
akuntansi.
Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengamati persepsi dari mahasiswa
dan anggota fakultas akuntansi pada etika bisnis dan pendidikan etika bisnis.
Rumusan
Masalah :
1. Apakah
anggota fakultas mempersepsikan etika dalam pendidikan akuntansi lebih penting
dibandingkan oleh mahasiswa akuntansi?
2. Apakah
gender mempengaruhi persepsi etika dalam pendidikan akuntansi
3. Apakah
umur mempengaruhi seseorang lebih sadar pada isu etika?
4. Apakah
etnisitas mempengaruhi persepsi etika dalam pendidikan akuntansi?
Hipotesis
:
1. Anggota
fakultas akan mempersepsikan etika dalam pendidikan akuntansi menjadi lebih
penting dibandingkan mahasiswa.
2. Perempuan
akan mempersepsikan etika dalam pendidikan akuntansi menjadi lebih penting
dibandingkan laki-laki.
3. Subjek
yang lebih tua akan memperspsikan etika dalam pendidikan akuntansi menjadi
lebih penting dibandingkan subjek yang lebih muda.
4. Subjek
Caucasian akan mempersepsikan etika dlam pendidikan akuntansi menjadi lebih
penting dibangingkan subjek dari etnis lain.
Metodologi
penelitian
Penelitian ini memakai sample yang
terdiri dari 253 mahasiswa dan 158 anggota fakultas. Penelitian ini menggunakan
survey sebagai metode penelitiannya. Alat analisisnya adalah uji T-test dan
regresi.
Hasil
H1 tidak terdukung, H2 dan
H3 terdukung, dan H4 tidak terdukung.
Kesimpulan
Mahasiswa lebih suka untuk menerima
pendidikan etika akuntansi dalam kelas sementara tidak semua anggota fakultas
tertarik mengajar etika akuntansi.
Keterbatasan
Penelitian ini tidak mengklasifikasikan
sifat dasar subjek penelitian, seperti anggota fakultas yang mungkin mengandung
bias respon. Kedua, fakta bahwa respon dari mahasiswa dan anggota fakultas mungkin
dihasilkan dari social desirability bias, dimana subjek menjawab sesuatu
beretika agar mereka dianggap beretika.
Pengembangan
Penelitian
Penelitian selanjutnya dapat diarahkan
pada perbedaan antara ekspektasi anggota fakultas dan mahasiswa dalam program
pendidikan etika ini.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar